Lakupon.com

Lakupon, Daily Deals Voucher Belanja Online Harga Promosi Diskon Barang dan Jasa Termurah Terlengkap & Terbesar Indonesia

Pengen Fasih Berbahasa Inggris? Ini Tipsnya

Tips Fasih Berbahasa Inggris

9 Tips Belajar Inggris Untuk Fasih Berbahasa Inggris

Banyak Orang Yang Ingin Bisa Berbahasa Inggris

Untuk lancar dan fasih berbahasa Inggris bukanlah seperti membalikkan telapak tangan saja. Banyak sekali orang yang mencari tahu bagaimana sih supaya bisa fasih berbahasa Inggris? Atau banyak pula yang mencari keberadaan tempat les atau kursus bahasa Inggris yang terbaik. Bahkan banyak pula orangtua masa kini bertanya, bagaimana sih anak saya supaya cepat bisa fasih bahasa Inggris? Masalah terbesar dalam berbahasa Inggris yakni English di Indonesia bukanlah merupakan first language, ataupun second language, namun hanya dianggap sebagai International language yang dipercaya banyak orang kudu dipelajari karena kelak akan menjadi penting sekali. Berbeda halnya dengan di beberapa Negara tetangga seperti Singapore, Australia, ataupun British Commonwealth lainnya (Negara persemakmuran Inggris Raya, yang biasanya negara-negara bekas jajahan Inggris), di sana Inggris mayoritas dijadikan first language, digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun penduduk Singapura kebanyakan merupakan etnis Chinese, namun pemerintah di sana mewajibkan bahasa inggris sebagai bahasa negaranya untuk memudahkan komunikasi warganya yang multi etnis tersebut. Demikian pula Negara Malaysia, yang meskipun bahasa Melayu dijadikan bahasa negara (first language), namun mewajibkan pula untuk seluruh warganya untuk fasih berbahasa inggris. Sehingga tidaklah heran bilamana kita berjumpa maupun melihat orang Malaysia memiliki kemampuan berbahasa Inggris, bahkan kalau kita lihat orang Malaysia banyak yang menguasai multi bahasa selain Inggris, Melayu, India, Mandarin, Bahasa Chinese rumpun Hokian, Cantonese, Tiociu, Khe. Kadang saya sampai geleng-geleng kok bisa seorang Malaysia mempunyai banyak kemampuan berbahasa, meskipun dia bukan merupakan suku / ethnic aslinya. Nah bagi kamu yang sedang mencari tahu tips fasih dan mahir berbahasa inggris, berikut ini beberapa tips belajar Bahasa Inggris supaya bisa fasih berbahasa Inggris untuk kamu coba:

1. Tekad Kuat

Dimana ada kemauan, di situlah ada kesempatan. Artinya, walaupun tidak ada kesempatan untuk mengikuti kursus bahasa inggris karena minimnya waktu yang dimiliki atau karena alasan finansial, tapi jika ada tekad kuat, saya yakin kamu bisa belajar dan menguasai bahas Inggris dengan cepat walaupun dilakukan secara otodidak.

2. Belajar Grammar

Langkah pertama tentunya belajar grammar atau tata bahasa. Untuk belajar grammar ini cukuplah memakan waktu, karena tenses bahasa Inggris cukuplah banyak. Grammar di sini bukanlah hanya tenses saja, namun banyak sekali trick-trick yang ada dalam bahasa Inggris seperti phrase, clause, dan sebagainya. Kuasailah phrase, karena semakin banyak pembendaharaan phrase yang kamu kuasi maka semakin tinggi pula kemampuan bahasa inggrismu.

3. Menguasai vocabulary

Vocabulary merupakan salah satu kunci sukses berbahasa Inggris. Tanpa tahu vocab mana mungkin kita bisa ceplas ceplos berbahasa Inggris meskipun kita sangat menguasai tata bahasa. Vocabulary untuk siswa pemula seperti baby / balita yang belajar Inggris, mungkin dapat dimulai dengan flash card, atau nonton film kartun berbahasa Inggris.

4. Belajar listening

Cobalah dengan mendengar film-film berbahasa Inggris, karena banyak pula beberapa cara orang luar negeri dalam berbicara agaklah sulit untuk didengar. Selain film, Cara yang paling umum digunakan untuk memperlancar listening dan speaking adalah dengan cara mendengarkan musik, menghafalkannya dan melantunkannya. Jika merasa masih sangat pemula, usahakan cari lagu yang tidak terlalu cepat seperti musik rap. Beberapa lagu seperti yang dibawakan oleh Westlife, Michael Learns to Rock dan lain sebagainya. Kita juga secara otomatis tahu dengan sendirinya bagaimana cara mengucapkan kata demi kata dalam bahasa Inggris yang terdapat dalam lagu yang sudah kita hafalkan tanpa harus belajar melafalkan alphabet bahasa Inggris satu persatu.

5. Ikut English Club Conversation

Carilah komunitas English club conversation, dimana setiap anggotanya berkumpul dan berbicara dalam bahasa Inggris. Seorang anggota dipaksa menjadi MC untuk lead acara, otomatis akan memaksa seseorang tersebut berkomunikasi dengan audience nya. Keluarlah cas cis cus, karena keterpaksaan tersebut. Harus ada guru pembimbing dalam club tersebut. Native speaker is better. Dalam club tersebut perlunya adanya open discussion, dimana dibahas suatu topik, dan setiap audience wajib melontarkan pendapatnya. Janganlah hanya beberapa audience yang menjadi majority ngomong inggrisnya.

6. Gunakan Social media seperti facebook / twitter

Tulislah status dalam bahasa Inggris. Tulislah artikel mengenai bahasa inggris meskipun inggrisnya berantakan. Perbanyak teman dari negara lain seperti british commonwealth, India, Amrik, dll, dan chat lah dengan mereka. Mau gak mau, akan buka kamus, kalo bingung mau nulis apa. Kalau sudah berteman dengan bule tersebut, undanglah bule tersebut ke Indonesia, atau kamu ke negaranya, bertemulah dan jalin komunikasi dengannya.

7. Baca koran atau majalah berbahasa inggris

Mungkin bisa beli Jakartapost, beli Time Magazine, The straittimes, dll. Baca, kalo ga ngerti, buka kamus, dan artikan. Sediakan buku setebal kamus, untuk taruh word yang tidak tahu. Hafalkan. Lakukan tiap hari.
  
8.Grammar jelek no problem

Beranikan diri ngomong meskipun grammar banyak yang salah. Yang terpenting vocab dikeluarkan dari mulut. Dari banyaknya salah tersebut lama-lama diperbaiki. Akhirnya jadi bagus. Banyak rumor / phenomena yang mengatakan bahwa inggrisnya orang India grammarnya kurang bagus, namun mereka sangat berkemampuan untuk berbicara. Hal tersebut tidaklah benar, karena banyak yang bagus pula. Sehingga terpenting jangan malu2, beranikan diri untuk berbicara meski grammar banyak error.

9. Faktor terpenting berbahasa inggris yakni lingkungan. Maksudnya? 

Bilamana si anak mau kuliah di Australia, namun si anak masuk sekolah dengan banyak orang Asia, maka tentunya anak tersebut inggrisnya akan kurang bagus. Jadi yang terbaik si anak harus dimasukkan ke sekolah dengan full bule, sehingga si anak tersebut akan jadi balita yang baru lahir di tengah-tengah bule-bule yang berbicara bahasa inggris semua, seperti halnya tarzan yang lahir di tengah macan, gorilla dll. Jadi bilamana anak kita kita sekolahkan di sekolah international, maka kita harus berbahasa inggris dengan si anak dalam kehidupan sehari-hari.

Selain 9 Tips Fasih Berbahasa Inggris tersebut, kamu juga bisa mengikuti Kursus Bahasa Inggris Online dengan harga yang sangat terjangkau di Engoo Indonesia. Keuntungan dari Kursus Bahasa Inggris bersama Engoo selain bisa kamu lakukan setiap saat dan dimanapun kamu berada, kamu juga bisa memilih pengajar yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga 9 Tips Fasih Berbahasa Inggris Ini dapat membantu kamu dalam belajar bahasa inggris, tetap semangat dan berjuang yah.
Share on Google Plus

About Lakupon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment