Lakupon.com

Lakupon, Daily Deals Voucher Belanja Online Harga Promosi Diskon Barang dan Jasa Termurah Terlengkap & Terbesar Indonesia

Tips Cara Menjaga Kebersihan Bahan Makanan dan Peralatan Masak


Membahas tentang kesehatan makanan tentu tak lepas dari kehigienisan bahan dan peralatan untuk membuat makanan itu sendiri. Kedua hal ini memang sangat penting dan memegang peranan besar bagi kamu untuk menyediakan makanan yang sehat kepada keluarga. Untuk itu masalah kebersihan bahan makanan dan alat memasak harus betul- betul kamu perhatikan. Lalu bagaimana cara menjaga kebersihanya? Berikut adalah beberapa Tips Cara Menjaga Kebersihan Bahan Makanan dan Peralatan Masak.
Tips cara menjaga kesehatan bahan makanan dan peralatan masak
  • Mencuci bersih bahan makanan seperti buah- buahan dan sayur- sayuran sebelum disimpan kedalam tempat penyimpanan makanan ataupun lemari es. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat- zat berbahaya yang masih menempel pada permukaannya seperti bahan kimia ataupun pestisida dan zat berbahaya lainnya. Selain itu mencuci bersih buah dan sayur juga akan membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang bisa menjadi bibit penyakit. Untuk mencucinya cukup dilakukan dengan air bersih yang mengalir.
  • Selalu jaga kebersihan peralatan masak dengan mencucinya setiap setelah digunakan. Mencuci peralatan dapur setelah digunakan adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Gunakan air bersih yang mengalir dan sabun khusus untuk membersihkan peralatan dapur untuk menjaga kebersihan yang maksimal. Namun untuk peralatan yang baru saja digunakan untuk mengolah makanan berlemak dan berminyak seperti daging dan ikan, ada baiknya kamu gunakan air panas yang digunakan untuk membersihkan peralatan dapur tersebut. Tujuannya untuk memastikan bakteri mati dan tidak menempel pada peralatan dapur kamu, serta menghilangkan bau dari sisa makanan yang menempel.
  • Memisahkan peralatan yang digunakan untuk mengolah bahan mentah dan bahan matang. Umumnya para ibu memilih menggunakan peralatan masak yang sama untuk semua bahan makanan, seperti pisau dan talenan. Sebenarnya hal ini tidak baik untuk kesehatan, karena rentang terhadap penyebaran bakteri yang ada pada talenan, karena penggunaannya yang terus menerus dengan berbeda bahan makanan, karena saat digunakan untuk mengiris bahan makanan, talenan akan meninggalkan bekas pisau yang akan membekas dan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman bila diguakan berulang kali dengan menggunakan bahan makanan yang berbeda.
Nah, bagaimana Tips Cara Menjaga Kebersihan Bahan Makanan dan Peralatan Masak tersebut, semoga dapat bermanfaat bagi kamu ya, untuk menjaga kesehatan kamu dan keluarga tercinta kamu. So, untuk kamu yang bermasalah dengan peralatan masak dan dapur yang sudah usang dan rusak, kamu dapat membelinya di Toko Online yang jual berbagai peralatan dapur murah dan berkualitas, di Lakupon.com. Untuk membelinya kamu cukup Klik Disini!!!
Share on Google Plus

About Lakupon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment